Apa Itu Publikasi Media? Penjelasan, Contoh, dan Manfaatnya

Sharing is caring..

Apa Itu Publikasi Media – Pernahkah Anda melihat sebuah brand baru yang tiba-tiba viral hingga dibicarakan oleh berbagai portal atau platform informasi?

Perlu Anda tahu bahwa terkadang fenomena seperti ini bukanlah suatu kebetulan alias disengaja sebagai contoh nyata tentang apa itu publikasi media. Ini jadi salah satu strategi yang banyak dipakai demi meningkatkan reputasi brand di mata publik.

Apalagi di era informasi yang serba cepat seperti sekarang, publikasi media menjadi sebuah jembatan antara brand dan audiens. Caranya dengan memberikan ruang bagi perusahaan untuk menunjukkan inovasi, pencapaian hingga memberitakan suatu info cerita yang sebaiknya dipublikasikan.

Karena pemberitaan yang ada dilakukan dengan fasilitas dari pihak ketiga, maka tingkat kepercayaan yang bisa didapatkan sering kali jauh lebih besar daripada iklan/advertising biasa. Strategi semacam ini telah banyak digunakan secara luas oleh berbagai jenis bisnis selain mengandalkan promosi berbayar.

Di sini kami akan coba membahas tentang apa sebenarnya publikasi media itu dan contoh nyata penerapannya dalam dunia nyata. Dari sana maka Anda akan lebih memahami kenapa publikasi bisa menjadi sebuah ‘tool’ yang efektif untuk membangun kredibilitas dan visibilitas bisnis.

Apa Itu Publikasi Media

Apa Itu Publikasi Media dan Contoh Jenisnya?

Publikasi media adalah proses menyebarluaskan informasi melalui berbagai macam media baik digital/online maupun cetak/fisik. Tujuannya untuk meningkatkan eksposur, kepercayaan publik serta citra perusahaan, lembaga maupun individu. Lewat publikasi media maka mereka bisa menjangkau audiens lebih luas dan cepat secara profesional.

Bagaimana cara kerja publikasi media bisa dilihat dari beberapa macam jenisnya sebagai berikut:

  • Rilis berita (press release)

Ini merupakan dokumen resmi yang dikirimkan oleh perusahaan atau individu ke redaksi media. Biasanya berisi informasi-informasi penting seperti pembukaan cabang baru, peluncuran produk baru, adanya kerja sama dengan perusahaan lain, klarifikasi terkait suatu isu dan lain sebagainya.

Press release umumnya dibuat dengan format yang sudah baku sehingga mempermudah jurnalis untuk memahami inti informasi yang mau disampaikan. Saat media mempublikasikannya ke publik maka pesan informasi yang mau disampaikan akan terlihat lebih profesional, terstruktur dan hal ini cocok untuk membangun kredibilitas.

  • Liputan acara atau wawancara

Publikasi bisa dilakukan juga dengan cara langsung dimana media datang ke lokasi peristiwa/event yang terjadi untuk melakukan liputan acara atau wawancara tatap muka. Misalnya event launching produk baru, pameran, aktivitas CSR, konferensi, seminar dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini media bisa meliput bagaimana jalannya acara dari awal hingga akhir, mewawancarai penyelenggara event, sesekali memberikan informasi terkait event yang sedang berlangsung, dsb.

Bentuk publikasi media semacam ini memberikan sudut pandang yang lebih detail dan mendalam, sebab ditulis dan direkam berdasarkan pengamatan langsung. Jadi bukan hanya sekedar mendapatkan informasi dari dokumen atau materi perusahaan yang dikirimkan.

  • Feature atau artikel khusus

Saat ini publikasi media dalam bentuk feature atau artikel khusus makin disukai karena bisa membantu membahas suatu topik tertentu secara lebih mendalam. Contohnya membahas profil perusahaan beserta produk mereka, menyorot inovasi teknologi, mengulas tren industri yang lagi berkembang pesat, dll.

Membuat artikel khusus menjadi contoh efektif tentang apa itu publikasi media dan manfaatnya. Sebab tidak hanya menyampaikan informasi ke publik lewat platform kepenulisan, namun juga mempermudah perusahaan membangun narasi yang membuat brand lebih mudah diingat dan berkesan.

  • Publikasi berbentuk digital (blog dan portal berita)

Saat ini publikasi tidak hanya melalui tayangan berita di televisi atau surat kabar. Mulai banyak portal berita online dan kanal blog profesional yang membantu penyebaran informasi secara padat dan cepat.

Kelebihan dari publikasi media bentuk digital ini yaitu penyebarannya super cepat dan tidak terbatas waktu maupun tempat. Selain itu juga jangka waktunya bisa lama karena artikel atau berita digital tidak mudah hilang rekam jejaknya.

Contoh Nyata Publikasi Media yang Bisa Anda Pakai

  • Contoh 1: Promosi peluncuran produk baru dari suatu brand perusahaan

Misalnya suatu perusahaan kosmetik tengah meluncurkan produk baru berupa serum wajah anti jerawat.

Agar produk baru mereka mudah diketahui dengan cepat oleh khalayak ramai maka mereka menggunakan beberapa bentuk publikasi media seperti:

  • Menyebarkan press release di portal-portal berita nasional (Kompas, Detik.com, Tribunnews, dll)
  • Bekerja sama dengan blogger dan vlogger untuk mereview produk kecantikan mereka
  • Memposting produk di Instagram dan Facebook dalam bentuk konten tertulis yang disertai video atau foto produk
  • Membuat artikel advertorial yang di-publish ke media lifestyle (ini tampak seperti artikel informasi biasa, namun dengan penyebutan halus nama produk dan brand yang di-launching)

Apa itu publikasi media ke masyarakat dapat dilihat langsung dari beragam strategi di atas. Goal-nya agar publik cepat tahu kalau brand A baru saja membuat produk baru sehingga mereka pun penasaran dan ingin segera mencoba.

  • Contoh 2: Membangun reputasi perusahaan lewat prestasi yang didapatkan

Banyak perusahaan hingga individu yang mencoba membangun reputasi dan meningkatkan citra diri dengan mempublikasikan prestasi/keberhasilan yang diraih.

Misalnya memakai publikasi media dalam bentuk:

  • Perusahaan memakai press release resmi setelah mendapatkan penghargaan misalnya ‘Best Customer Service 2025’ dari lembaga tertentu disertai liputan wawancara oleh CEO.
  • Penggunaan media nasional untuk meliput penyerahan penghargaan lalu beritanya dimuat dalam bentuk artikel di berbagai platform nasional seperti Kompas, Detik.com, Liputan6, dll.
  • Dalam portal resmi atau website resmi perusahaan sendiri (bagian Corporate News atau Company Update), disediakan tag dan kolom khusus terkait berbagai pencapaian perusahaan
  • Cerita keberhasilan CSR perusahaan yang dipublikasikan langsung pada portal media online dan cetak

Dan apabila perusahaan bergerak di bidang industri tertentu seperti otomotif, F&B, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Umumnya terdapat forum hingga portal niche tertentu untuk mempublikasikan ke media mengenai pencapaian dan prestasi yang dilakukan.

  • Contoh 3: Klarifikasi terkait berita viral atau isu negatif yang dialami perusahaan

Pengertian apa itu publikasi media rupanya tidak hanya digunakan untuk menyebarluaskan berita tentang peluncuran produk baru atau keberhasilan perusahaan. Cara ini juga sering dipakai oleh perusahaan serta individu untuk membuat klarifikasi terkait isu atau rumor viral yang sedang menimpa mereka.

Misalnya memakai publikasi media untuk:

  • Memberikan pernyataan resmi baik dalam bentuk tertulis maupun video rekaman atau live streaming
  • Mengembalikan kepercayaan publik terkait brand atau produk perusahaan
  • Memberikan informasi berupa penjelasan fakta yang sebenarnya dari sudut pandang perusahaan
  • Menenangkan publik lewat pemberitaan bahwa akan dilakukan evaluasi dan langkah-langkah perbaikan

Selain itu, publikasi media juga bisa digunakan untuk memuat komentar positif yang mendukung kepercayaan pada perusahaan/individu melalui testimoni pihak ketiga seperti ahli profesi, konsultan, regulator dan sebagainya.

Hal ini bertujuan untuk memberikan validasi independen terkait reputasi dan citra perusahaan/individu.

Tabel Ringkasan Contoh Publikasi Media Dalam Kehidupan Nyata

Use-case Kondisi Jenis Publikasi Tujuan
Peluncuran/kampanye produk baru Perusahaan merilis produk atau layanan baru Artikel di platform media berita nasional, wawancara dengan manager product, liputan event launching, dll. Mengenalkan produk baru ke publik guna meningkatkan minat beli dan kepercayaan konsumen.
Pengumuman penghargaan/prestasi Perusahaan menerima award/penghargaan, berhasil melakukan pencapaian tertentu, memperoleh sertifikasi Liputan media berita nasional, press release penerimaan penghargaan, artikel advertorial, dll. Menunjukkan kualitas dan reputasi perusahaan agar kepercayaan publik juga meningkat.
Penanganan krisis/isu reputasi Perusahaan menghadapi rumor/isu viral mengenai reputasi brand atau produk mereka Pernyataan resmi melalui media online, publikasi testimoni pihak ketiga, wawancara klarifikasi, dll. Meredam spekulasi negatif masyarakat, menenangkan publik, memulihkan reputasi.

Kenapa Manfaat Publikasi Media Itu Penting?

Tidak hanya paham soal apa itu publikasi media online atau fisik, namun Anda harus memahami bahwa selain membuat nama brand muncul di berbagai platform media, manfaatnya jauh lebih besar.

Dari sini publik bisa melihat bagaimana brand berkomunikasi dengan konsumennya, bagaimana mereka mengatasi isu yang ada serta bagaimana cara mereka membangun trust di tengah masyarakat.

Lewat manajemen publikasi yang tepat maka brand perusahaan atau individu akan selalu mendapatkan tempat dalam pembicaraan industri yang ditarget.

Secara singkat manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan publikasi media yaitu:

  • Membantu menjangkau audiens lebih luas

Dengan publikasi yang tepat maka perusahaan atau individu dapat menjangkau audiens lebih luas sesuai target pasar yang biasanya tidak bisa dilakukan hanya dengan publikasi internal saja.

  • Meningkatkan kepercayaan publik

Jika informasi dimuat dalam situs atau platform publik yang terpercaya maka hal ini membantu memperkuat reputasi perusahaan. Apalagi kalau informasi dimuat oleh pihak ketiga, hal ini biasanya dianggap lebih kredibel daripada iklan langsung yang berbayar dan dilakukan oleh perusahaan/individu itu sendiri.

  • Strategi branding jangka panjang

Pemberitaan positif ke media yang dilakukan terus-menerus dan konsisten bisa membangun citra brand yang kuat dan akan diingat.

  • Jadi sarana yang efektif untuk meng-handle krisis

Saat situasi krisis seperti adanya isu miring maka publikasi media dapat jadi sarana penting untuk penanggulangan dengan cara klarifikasi, memberikan komitmen perbaikan dan pemulihan reputasi.

  • Membantu memperkuat posisi brand di hadapan pesaing

Saat suatu brand atau individu mendapatkan eksposur positif yang terus-menerus maka otomatis hal ini memberikan kesan yang bagus dibandingkan dengan pesaing di bidang industri yang sama.

Gunakan Layanan Publikasi Media Profesional Jamin Hasil Maksimal

Memahami apa itu publikasi media memberikan fakta bahwa dampak sebuah pemberitaan melalui media terpercaya sangatlah besar.

Dan untuk memanfaatkannya, Anda tidak bisa hanya sekedar posting video, foto atau artikel sembarangan lalu berharap langsung mendapatkan kepercayaan publik.

Kalau kualitas kontennya biasa saja atau publikasinya tidak di tempat yang tepat, maka hasilnya bakal kelewat begitu saja dan langsung dilupakan orang.

Di sinilah agensi periklanan seperti Publikasimedia.com berperan besar untuk membantu baik UMKM, perusahaan hingga individu mendapatkan eksposur dan publikasi  di tempat yang benar.

Melalui layanan yang mereka tawarkan, Publikasimedia memberikan banyak kelebihan terutama dalam hal:

  • Penayangan konten di media yang kredibel atau terpercaya
  • Kualitas konten dengan format profesional sesuai kebutuhan dan publikasi pada platform media yang tepat sasaran
  • Punya konten yang menarik sehingga menarik minat audiens untuk membaca atau melihat sampai habis
  • Bisa mendapatkan eksposur lebih luas dan cepat dibanding mengunggah konten sendiri pada media sosial pribadi/perusahaan
  • Layanan terlengkap seperti jasa iklan advertorial, press release dan press conference, backlink media, submit Wikipedia, monitoring radio hingga iklan billboard dan penerbangan.

Untuk bisnis atau personal brand yang butuh pemberitaan di berbagai platform media, Publikasimedia yang sudah melayani lebih dari 1.500 klien ini terbilang sangatlah aman. Apalagi dari yang kami lihat, mereka juga punya jaringan dan koneksi media luas sehingga prosesnya lancar.

Jadi kalau Anda ingin publikasi yang tampil profesional dan tidak seperti ‘main-main’, maka bisa pakai layanan dari Publikasimedia.com yang lebih efektif dan tepat sasaran daripada posting konten sendiri.

Sharing is caring..

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *